7 Bahan Bakar Alternatif yang Bisa Menggantikan BBM di Masa Depan

Ketahuilah bahwa BBM saat ini tidak akan ada untuk selama-lamanya. Karena minyak bumi merupakan sumber saya alam yang tidak dapat diperbaharui. Suatu saat pasti akan ada titik di mana tidak tersedia lagi BBM untuk kita. Karena itulah, dibutuhkan bahan bakar alternatif untuk menggantikannya di masa depan.

Bensin, Solar, Pertamax, Minyak tanah dan lain sebagainya. Adalah beragam produk olahan yang dihasilkan oleh minyak bumi. Saat ini penguasa sumber daya tersebut ada di dataran Timur Tengah. Negara-negara Arab memiliki banyak sekali kilang minyak (tempat mengeksplorasi BBM) di daerah mereka.

Anda mungkin pernah melihat Uni Emirat Arab yang begitu menonjol karena kekayaan yang dimiliki oleh penduduk di negara tersebut. Dari mulai para penguasa, bahkan sampai rakyat biasa di negara tersebut memiliki kekayaan yang luar biasa. Salah satu sebabnya adalah mereka memiliki sumber daya berupa BBM yang berlimpah.

Belakangan kita ketahui mereka mulai gencar membangun tempat wisata, mulai dari gedung tertinggi, hotel termewah, hotel di dasar laut, permainan terekstrim, salju di padang pasir dan tempat wisata lainnya. Seolah mereka sadar bahwa negara tersebut tidak lagi bisa bergantung pada kilang minyak. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Dengan fenomena tersebut, semakin banyak ilmuwan dan orang-orang berkepentingan untuk menemukan energi baru yang bisa menjadi bahan bakar alternatif untuk kepentingan industri dan kelangsungan hidup. Apalagi ketergantungan akan fosil dan efek emisi kendaraan bermotor serta efek ke atmosfer bumi yang berbahaya.

7 Bahan Bakar Alternatif yang Ramah Lingkungan Pengganti BBM di Masa Depan

Berikut ini adalah bahan bakar alternatif yang dikembangkan supaya bisa menggantikan fungsi BBM di masa depan :

  1. Biodiesel
  2. Etanol
  3. Nitrogen Cair
  4. Gas Alam
  5. LPG
  6. Sampah Organik
  7. Air

Dengan penjelasan masing-masing sebagai berikut :

Biodiesel

Adalah bahan bakar alternatif yang berasal dari zat nabati, atau biasa kita kenal dengan zat berasal dari tumbuhan. Beberapa olahan bahan baku tumbuhan yang bisa dibuat untuk menjadi biodiesel ini seperti : minyak kelapa, minyak ikan, minyak nyamplung, minyak sawit mentah, minyak jarak dan palm fatty acid distilatte.

Energi terbarukan ini diharapkan bisa mengganti minyak yang selama ini berasal dari tanah atau perut bumi. Namun pada perjalanannya, penggunaan biodiesel dianggap bisa berpengaruh terhadap ketersediaan pangan bagi manusia.

Etanol atau Bioetanol

Berasal dari etil alkohol yang jenisnya hampir sama dengan minuman beralkohol yang lazim ditemukan di pasaran. Memang bahan dengan campuran alkohol ini bisa digunakan sebagai bahan bakar karena statusnya yang mudah terbakar.

Di zaman sekarang, penggunaan etanol bahkan sering dicampurkan dengan bensin jenis apapun supaya mendapatkan tenaga mesin yang lebih baik. Tetapi, penggunaan yang sembarangan justru bisa menghasilkan kerusakan yang tidak diduga.

Di masa depan, Etanol mungkin bisa menjadi bahan bakar alternatif yang penggunaannya murni tidak dicampur dengan bensin atau bahan bakar lainnya.

Nitrogen Cair

Zat buang yang dikeluarkan oleh Nitrogen cair ini tidak menimbulkan polusi udara seperti halnya bensin, solar dan BBM yang lain. Di dunia, bahan bakar alternatif dengan nitrogen cair bahkan sudah dikenal sejak tahun 1902. Tetapi waktu itu belum digunakan secara komersil.

Gas Alam

Kajian tentang gas alam yang menjadi bahan bakar alternatif, sebelumnya pernah dibahas oleh kementerian energi sumber daya mineral (ESDM) dalam situsnya. Selain sebagai bahan bakar alternatif yang bisa digunakan untuk kendaraan bahkan industri besar, penggunaan gas alam bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku, dan sebagai komoditas ekspor.

Untuk penggunaan sebagai bahan bakar alternatif, gas alam memerlukan tekanan yang tinggi. Sehingga perlu tabung dengan berat dan tekanan yang kuat.

Liquid Petroleum Gas atau LPG

bahan bakar alternatif

Kita tidak asing dengan bahan bakar alternatif yang satu ini. Penggunaannya tidak memerlukan tabung dengan berat yang kuat, kita bisa mendapatkan dan memanfaatkan gas LPG dengan tabung dengan berat dan tekanan yang cukup ringan.

Sampah Organik

Lewat fermentasi anaerobik, beragam sampah yang berasal dari bahan organik seperti kotoran manusia, kotoran hewan, sampah biomassa, sampah tumbuhan, dan lain sebagainya yang bersifat organik. Sangat bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. Syaratnya harus melewati proses fermentasi anaerobik.

Air

Sedikit aneh ketika mendengar air sebagai bahan bakar alternatif. Tetapi jika kita bisa menerima pembangkit listrik tenaga air dari berbagai daerah yang bisa melahirkan bermega-mega watt listrik untuk kebutuhan suatu daerah, sepertinya keanehan kita akan segera hilang.

Penggunaan air (H2O) bisa digabungkan dengan karbon dioksida (CO2) sehingga berubah menjadi zat hidrokarbon cair seperti halnya zat pada solar atau bensin. Penggunaan air sebagai bahan bakar sudah pernah dilakukan oleh ilmuwan Jerman.

Arang

Kayu, batok kelapa dan bambu yang diolah jadi arang memang menjadi solusi pengganti elpiji, batu bara dan zat metana lain.

Selain diatas, kita bisa memasak dan memanfaatkan hewan ternak untuk pengolahan bahan-bahan alami dengan hasil yang menyerupai bahan bakar contoh: singkong, jagung, minyak jelantah dan masih banyak lagi. Alurnya biasanya mengalami pembusukan baru bisa dimanfaatkan, tetapi apapun itu kita mesti pertimbangkan demi kelangsungan hidup masa depan yang lebih bermanfaat dan lebih mencitai bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*