Cara Merawat Ikan Cupang Blue Rim

ikan cupang hias blue rim

Memelihara ikan cupang saat ini memang seakan menjadi trend yang menghasilkan. Salah satu ikan cupang yang cukup terkenal ialah jenis ikan cupang Blue Rim. Bagi kamu yang ingin memelihara ikan tersebut tentu sudah mencari tahu cara merawat ikan cupang Blue Rim lebih dulu bukan? Nah, bagi kamu yang belum tahu caranya tidak perlu khawatir. Kita akan membahasnya pada tulisan ini.

Mengenal Ikan Cupang Blue Rim

blue rim x red dragon

Ikan cupang Blue Rim plakat Betta/Betta Splendens merupakan salah satu jenis ikan cupang berwarna dengan kualitas terbaik. Jenis ikan cupang ini memiliki ciri warna tubuh yakni putih atau cream. Uniknya pada bagian tepi sirip atau seluruh siripnya memiliki warna biru. Hal inilah yang menjadikan daya tarik dari cupang Blue Rim. Simak pembahasan Weddingcards.my.id pada artikel berikut ini.

Cara merawat Ikan Cupang Blue Rim

budidaya ikan cupang blue rim

Ikan cupang jenis ini memang cukup mahal. Untuk itu sangat sayang jika akhirnya mati karena salah dalam hal perawatan. Agar kejadian tersebut tidak terjadi kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk merawatnya. Yuk disimak!

Tempatkan di tempat yang tepat

Perlu diketahui, ikan cupang memang binatang yang bisa ditempatkan di mana saja. Baik di dalam akuarium, toples atau botol tanpa ada tutup. Akan tetapi kamu perlu memperhatikan luas atau ukuran dari tempatnya. Kamu dapat menempatkan ikan cupang tersebut ke dalam wadah dengan diameter 20x15x15 cm jika memang ikan tersebut tidak terlalu besar.

Tempatkan di lokasi yang cocok

Cara merawat ikan cupang juga perlu memperhatikan lokasinya. Letakkan ikan cupang tersebut di area yang memmb teduh dan tak terpapar sinar matahari langsung. Pastikan pula jika area tersebut tidak minim cahaya dan tidak pengap juga. Letakkan pada area dengan suhu 23-28 °C. Ikan cupang juga bisa berubah / mutasi warna tergantung faktor hormon pada tubuhnya.

Perhatikan pemilihan air untuk ikan

Untuk memelihara ikan cupang, air sumur memang menjadi pilihan yang paling tepat. Hal itu dikarenakan ikan cupang sebenarnya memang ikan air tawar. Sehingga bisa disimpulkan jika air sumur sangat tepat karena dapat membuat ikan cupang seakan hidup pada habitat aslinya. Tidak air sumur? Tak mengapa. Kamu bisa menggunakan PDAM yang sudah diendapkan semalaman. Jangan lupa untuk menggantinya minjmal tiga hari sekali.

Berikan daun ketapang sebagai perawatan

Tidak banyak yang tahu jika daun ketapang dapat diletakkan ke akuarium untuk perawatan ikan cupang. Hal itu dikarenakan daun ketapang dapat menjadikan pH air dalam akuarium normal. Jika pH normal, tentu saja ikan akan menjadi betah. Selain itu, daun ketapang juga dapat berperan sebagai antibiotik alami bagi si ikan. Sehingga, luka pada ikan cupang bisa sembuh karena antibiotik tersebut.

Rutin membersihkan tempat tinggal ikan cupang

ikan cupang hias blue rim

Tentu kita paham, jika tempat tinggal ikan tidak bersih, pasti ikan cupang merasa tidak betah, stres dan mati. Untuk itu, jika kamu serius merawatnya, cobalah untuk rajin membersihkannya. Baik ketika ikan cupang ditekankan di akuarium, toples atau botol. Paling minimal jika kamu malas, bersihkan seminggu sekali. Periksa juga agar aquarium tidak bocor.

Jangan sampai dalam satu pekan tidak membersihkannya sama sekali. Selain mengganti airnya setiap dua hari sekali, cuci dan sikat akuarium juga agar tak berlumut. Perlu diingat, jangan gunakan detergen atau sabun untuk mencuci akuarium ya. Hal itu dikarenakan penggunaan detergen maupun sabun dapat meracuni ikan cupang. Cara mencuci akuarium cupang Blue Rim ini perlu kamu ingat.

Berikan makan dua kali sehari

Apakah kamu kerap memberikan makan ikan terlalu sering dengan tujuan agar ikan gemuk? Perlu diketahui, hal itu tidak tepat lho. Kamu hanya perlu memberikan makan sebanyak dua kali dalam sehari. Berikan makan secukupnya dan jangan terlalu banyak. Memberikan makan terlalu banyak hanya akan mengotori akuarium saja. Kami bisa memberikan makan sedikit-sedikit saja agar tidak akan pakan yang terbuang. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Rutin menjemur ikan cupang di tempat yang bersuhu stabil

sejarah ikan cupang blue rim

Mungkin tak banyak yang tahu jika ikan cupang juga perlu dijemur. Tujuannya ialah agar ikan cupang terlihat lebih segar dan juga membunuh bakteri juga jamur pada akuarium. Lakukan secara rutin selama setiap hari juga tak mengapa. Akan tetapi dengan catatan jika penempatan ikan cupang harus berada di tempat dengan suhu stabil. Yakni tidak panas dan tidak dingin. Juga jangan tempatkan di bawah paparan sinar matahari langsung.

Berikan garam ke akuarium atau ke tempat tinggal ikan cupang

Memang benar jika menambahkan garam ke dalam akuarium merupakan hal baik. Meskipun begitu, bukan garam dapur biasa yang digunakan ya. Kamu perlu membeli garam khusus untuk cupang. Biasanya garam tersebut dijual di toko-toko dan pembeliannya sangat mudah.

Pemberian garam ini sangat baik karena dapat menyembuhkan ekor ikan yang rusak atau sobek. Untuk memperbaiki ekor yang rusak atau sobek, tambahkan 10 gram untuk setiap satu liter air ya. Untuk menghindari ekor sobek dan rusak, kala memindahkan ikan cupang, ada baiknya langsung dengan airnya.

Jenis pakan ikan cupang Blue Rim selain jentik-jentik nyamuk

Makanan ikan cupang Blue Rim sebenarnya tak hanya jentik-jentik nyamuk saja. Jika kamu cukup kesulitan mendapatkan jentik-jentik nyamuk dapat menggantinya. Berikut alternatif makaman ikan cupanh selain jentik-jentik nyamuk:

Udang

Jika kamu ingin membuat ikan cupang semakin cantik, baik tubuh maupun siripnya, berikan udang. Udang dipercaya mampu memberikan nutrisi kepada ikan cupang agar dapat tumbuh dengan baik dan cantik. Bahkan pertumbuhan sirip dan warna dari ikan cupang relatif lebih cepat kala mengonsumsi udang.

Lalu, bagaimana cara cupang mengonsumsi udang tersebut? Nah, jamu peelu memotong udang tesebut hingga menjadi kecil-kecil. Usahakan untuk memotongnya sangat kecil. Jangan lupa untuk membersihkan kulit udang lebih dulu sebelum memotongnya.

Cacing darah

cupang hias blue rim

Makanan untuk ikan cupang jenis Blue Rim selanjutnya ialah cacing darah. Cacing darah stsu bloodworm ternyata cukup efektif untuk memberikan nutrisi bagi ikan cupang lho. Bahkan warna ikan cupang akan menjadi lebih cantik ketika mengonsumsi cacing darah ini.

Cacing beku

Jika kamu tak ingin repot mencari jentik-jentik nyamuk, udang maupun cacing darah dapat memilih alternatif ini. Ya, kamu bisa memberikan makan ikan cupang Blue Rim tersebut cacing beku. Kamu dapat membelinya di toko online maupun ke pedagang ikan. Tidak repot bukan?

Bagaimana, tidak rumit bukan langkah-langkah merawat ikan cupang Blue Rim? Bahkan ada terkesan sangat simpel dan menyenangkan. Meskipun begitu, kamu tetap harus teliti kala merawat ikan mahal yang satu ini ya. Jangan sampai mati karena salah merawatnya.

Bagaimana, tertarik untuk ikut memelihara ikan cupang? Pelihara dengan sepenuh hati maka ikan tersebut akan hidup dengan baik.

Demikian ulasan mengenai cara merawat Ikan cupang Blue Rim dan jenis makanan apa yang dapat diberikan ke ikan cupang. Semoga pembahasan kita kali ini dapat memberikan pengetahuan baru ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*