Ide Kegiatan Karang Taruna yang Kreatif

Dalam sebuah Desa atau Kampung, hampir selalu ditemukan beberapa kegiatan positif yang diinisiasi oleh para pemuda setempat dalam satu wadah bernama Karang Taruna. Kegiatan Karang Taruna banyak yang menjadi penyebab majunya pemuda dalam lingkungan mereka.

Karang Taruna Adalah…

Karang Taruna adalah sebuah jenis organisasi kepemudaan dalam sebuah Desa atau Kampung atau tingkat RT. Isinya tidak lain adalah pemuda-pemuda pilihan yang mendedikasikan dirinya untuk mengembangkan potensi Desa lewat kepemudaan.

Sebagai salah satu organisasi kepemudaan yang dibentuk dalam sebuah Desa atau Kampung, Karang Taruna tentu memiliki kegiatan-kegiatan yang rutin dilaksanakan. Kegiatan rutin tersebut secara langsung akan membuat setiap pemuda Desa memiliki kegiatan positif dan menghindari kegiatan sebaliknya.

Jika melihat dari kronologi sejarah di mana pun, pemuda memang selalu menjadi ujung tombak perubahan sebuah lingkungan. Baik dalam skala yang besar seperti sebuah negara atau skala yang lebih kecil dalam lingkungan keluarga. Termasuk skala sedang seperti Desa atau kampung.

Pemilihan Ketua Karang Taruna

Pemuda selalu tampil mencolok. Menjadi sosok kreatif yang memiliki pengaruh cukup besar di struktur karang taruna, terhadap lingkungan di mana ia tinggal. Ketua melakukan manajemen, rancangan dan mendukung kepentingan bersama

Seorang yang lebih berpengalaman biasanya dipilih menjadi ketua Karang Taruna. Jika tidak, para pemuda akan melakukan pemilihan secara adil untuk mendapatkan ketua. Periode kepemimpinan organisasi tersebut disesuaikan dengan AD/ART masing-masing. Ada yang hanya 1 tahun, ada juga yang sampai 5 tahun.

Kegiatan Karang Taruna

Kegiatan-kegiatan Karang Taruna  biasanya berasal dari masing-masing bidang yang sudah dibentuk sebelumnya melalui rapat kerja. Atau pada saat sidang yang sesuai dengan Ad/ART. Ini juga bisa dibuat proposal acaranya. Selain sebagai sumber uang atau pendanaan, juga jadi penggerak acara. Adapun beberapa bidang yang ada di organisasi Karang Taruna, pada umumnya meliputi :

  1. Bidang Pendidikan Dan Pelatihan

Tugas paling pokok dari para pemuda yang tergabung di bidang ini adalah tentang bagaimana membuat pendidikan banyak diminati oleh para pemuda di sana. Karena itulah bidang Pendidikan harus bisa memfasilitasi warga Desa untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Kita bukan berbicara tentang pendidikan formal seperti jenjang SD sampai Universitas. Tetapi lebih luas dan lebih dalam lagi. Bidang ini memiliki tanggung jawab untuk menyediakan sarana pendidikan bagi warga yang menginginkannya.

Misal :

  • Fasilitas Pembinaan berupa seminar atau pelatihan dengan topik yang diminati warga sekitar
  • Mengadakan lomba khusus pendidikan seperti cerdas cermat
  • Memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi
  • Mengarahkan siswa yang kurang minat belajar supaya mau dan semangat belajar
  • Menyediakan ruang khusus untuk berdiskusi tentang pendidikan
  • Dan lain sebagainya
  1. Bidang Pendidikan Pelatihan dan Penyuluhan

Hampir mirip dengan tugas pokok Bidang pendidikan. Bidang pelatihan dan penyuluhan ini khusus mengadakan berbagai macam pelatihan keterampilan untuk membekali warga desa supaya mahir dalam melakukan sesuatu.

Atau tugas sebagai penyuluh tentang sesuatu yang sedang hangat diperbincangkan di lingkungan sekitar.

Kegiatan yang dilakukan oleh bidang ini misalnya sebagai berikut :

  • Mengadakan  Pelatihan Ketrampilan Komputer
  • Mengadakan Pelatihan Ketrampilan Pertanian dan Peternakan
  • Mengadakan Pelatihan Ketrampilan Tata Busana atau Menjahit
  • Mengadakan Pelatihan Ketrampilan Tata Boga atau memasak
  • Mengadakan penyuluhan Anti HIV dan AIDS
  • Mengadakan penyuluhan virus Covid-19 dan bagaimana menghindarinya
  • Mengadakan penyuluhan Tentang Menghadapi Bencana
  • Dan lain sebagainya
  1. Bidang Usaha Kesejahteraan Sosial

Bisa dibilang bidang ini merupakan kementerian sosial dalam skala yang kecil. Tugasnya sudah jelas pasti berhubungan dengan kegiatan sosial yang akan menyejahterakan warga sekitar. Atau membantu mereka karena tidak memiliki kemampuan.

Contoh kegiatan Karang Taruna di bidang ini meliputi :

  • Mengadakan Kegiatan Bakti Sosial
  • Mengadakan Kegiatan Sunatan Massal
  • Memberikan santunan untuk yatim piatu
  • Mengadakan Acara pengecekan kesehatan gratis
  • Mengadakan Kegiatan Parade Amal
  • Dan kegiatan lainnya
  1. Bidang Pengabdian Masyarakat

Kegiatan Karang Taruna yang biasa diselenggarakan oleh bidang ini adalah acara yang melibatkan warga untuk mengabdi terhadap masyarakat lainnya. Misalnya kegiatan membersihkan rumah ibadah keagamaan, pengajian pada masa bulan ramadhan, menyelenggarakan acara pembersihan sungai dari sampah, dan kegiatan pengabdian bermanfaat lainnya.

  1. Bidang Keuangan dan Kewirausahaan

Tugas utama dari bidang ini adalah membuat literasi keuangan. Memberikan pemahaman kepada warga sekitar untuk peduli terhadap keuangan masing-masing untuk kepentingan bersama. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh bidang ini adalah membuat koperasi simpan pinjam atau koperasi usaha dalam bentuk koperasi Karang Taruna.

Di sisi kewirausahaan, kegiatan yang dilakukan oleh bidang ini biasanya memanfaatkan potensi sumber daya sekitar untuk menghasilkan keuntungan. Misalnya membuat objek wisata desa, membuat kerajinan yang bisa menjadi produk utama desa, membuat toko onilne khusus karang taruna yang menjual hasil kerajinan warga desa.

Lima bidang di atas hanya segelintir contoh kegiatan Karang Taruna yang biasa dilakukan oleh pemuda dalam kelompok masyarakat desa atau kampung. Masih ada bidang lain lagi yang dalam satu desa tentu berbeda kegiatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*